PENGARUH KUALITAS PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SUKAJADI KECAMATAN TALANG KELAPA KEBUPATEN BANYUASIN
Abstract
Dalam sebuah instansi tidak akan berjalan apabila tidak ada pegawai didalamnya, pegawai merupakan orang yang melakukan kegiatan di dalam sebuah instansi atau organisasi. Dengan pegawai yang berkualitas akan menghasilkan hasil kerja yang baik pula. Apalagi diinstansi kesehatan yang berhubungan dengan masyarakat didalamnya, pegawai yang berkulaitas akan melayani masyarakat dengan baik. Tentu masyarakat menginginkan pelayanan yang memuaskan apalagi berhubungan dengan kesehatan, dengan kondisi tubuh sehat mampu melaksanakan kegiatan atau rutinitas kegiatan sehari–hari. Oleh karena itu, kualitas pegawai terus dikembangkan agar mampu melayani masyarakat dengan baik, sehingga masyarakat merasa puas akan pelayanan pegawai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hipotesi Nol (Ho) diduga tidak ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, dan Hipotesis alternative (Ha) diduga ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, data, pembagian kuisioner, dan dokumentasi. Hasil pengelolaan data, yang diperkuat dengan data dan dokumentasi terdapat pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat yang menunjukkan bahwa ada pengaruh kualitas pegawai terhadap kepuasan pelayanan masyarakat di Puskesmas Sukajadi Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin.
Kata Kunci : Pengaruh, Kualitas Pegawai, dan Kepuasan Masyarakat
Full Text:
PDFReferences
Hardiansyah. 2011.Kualitas Pelayanan Publik. Yokyakarta: Gava Media.
Hasibuan, Malayu S.P.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, amin. 2008. Teori Dan Konsep pelayanan Publik Serta Implementasi. Bandung: Mandar Maju.
Mangkunegara, Anwar Parbu. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Matutina. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedua. Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Nanang, Martono. 2012. Metode penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Noor, Juliansyah. 2011. Metode Penelitian:Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.
Pasolog, Harbani. 2010. Kepemimpinan Birokrasi. Birokrasi: Alfabeta.
Sedarmayanti. 2009. Reformasi administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan masa Depan. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2002. Metode penelitian administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.62128/jiads.v17i1.60
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mietha Nella
_____________________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah administrasi dan Sosial
Alamat Redaksi: Jl. Sukatani I, No.3, 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kenten 8 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Phone/Fax: (0711) 826043 Handphone: +62812-7433-616
email: lppmjurnalstiasn2023@gmail.com or publikasi@stiasatyanegara.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.