Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Sertifikasi Lingkungan (Air dan Tanah) Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT. SUCOFINDO (Persero) Palembang

Mursyid Mursyid, Jessyca Cherrye Carolyne

Abstract


Kualitas pelayanan di PT. Sucofindo perlu dikaji apakah berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan atau tidak. Memprediksi persentase pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan sertifikasi lingkungan (air dan tanah) terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Sucofindo (persero) palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil Penelitian Kualitas Pelayanan Sertifikasi Lingkungan (Air dan Tanah) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo (persero) palembang bahwa kualitas pelayanannya baik dan telah memenuhi syarat pelayanan kepada pelanggan dengan kualitas yang telah ditentukan. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan sebesar 71,0%.


References


Kotler, P dan Keller, K, (2009). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 13. Jilid 1, Jakarta:Erlangga.

Kotler & Keller, (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. (Di Terjemahkan Oleh : Bob Sabran). Erlangga, Jakarta.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Kotler, Philip and Gary Armstrong, 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jidil 1. Jakarta:Erlangga

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi

https://adalah.co.id/kepuasan-pelanggan/

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2014-2-01654-HM%20Bab2001.pdf

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/48186/Chapter%20II.pdf?seq

https://www.sucofindo.co.id/id/lembaga-sertifikasi

http://repository.uinsu.ac.id/3449/1/tri%20ulfa%20wardani.pdf

https://isokonsultindo.com/iso-14001

http://etheses.uin-malang.ac.id/2148/7/08410086_Bab_3.pdf

http://repo.iain-tulungagung.ac.id/4175/4/BAB%20III.pdf




DOI: https://doi.org/10.62128/jiads.v19i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mursyid Mursyid, Jessyca Cherrye Carolyne

_____________________________________________________________________________________________

Jurnal Ilmiah administrasi dan Sosial 

Alamat Redaksi: Jl. Sukatani I, No.3, 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kenten 8 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Phone/Fax: (0711) 826043  Handphone: +62812-7433-616
email: lppmjurnalstiasn2023@gmail.com or publikasi@stiasatyanegara.ac.id

Web Analytics Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.