Analisis Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pelayanan di Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang
Abstract
Pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan sengaja dan sistematis untuk memotivasi, membina, membantu dan membimbing seseorang dalam mengembangkan seluruh kompetensi yang dimilikinya sehingga mampu mencapai kualitas diri yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pelayanan di Lingkungan Kantor Lembaga Pelayanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang. Untuk menganalisis faktor-faktor yang berperan dalam Analisis Manajemen Mutu dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pelayanan pada Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Palembang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dengan pihak-pihak yang terlibat menjadi informan penelitian, studi literatur, dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Manajemen Mutu dalam meningkatkan Akuntabilitas Pelayanan di LLDIKTI Wilayah II Kota Palembang sudah cukup baik, karena telah diterapkan sistem manajemen mutu sehingga pelayanan dapat terlaksana secara akuntabel dan bertanggung jawab, karena akuntabilitas merupakan wujud kewajiban pegawai pemerintah dalam mempertanggungjawabkan pelayanannya. keberhasilan atau kegagalan. kegagalan dalam melaksanakan kewajiban pemerintah sebagai pegawai negeri dalam mencapai maksud dan tujuan penyelenggaraan pemerintahan. Pelayanan di LLDIKTI Wilayah II Kota Palembang sudah akuntabel.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dwiyanto, Agus. 2006. Transparansi Pelayanan Publik. Yogyakarta : UGM Pers
Mahmudi,2010, Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP. YKPN
Mardiasmo, 2006, Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI
Miranda dan Tunggal Setyo, 2003, Penerapan Sistem Manajemen Terpadu pada Organisasi Jasa, Jakarta: Gramedia
Nawawi, 2003, Prinsip-prinsip Total Qualty Service, Yogyakarta: Andi
Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Siswanto. Bejo, 2005. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widodo, 2011, Good Governance Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas, Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah, Surabaya:Insan Cendekia
Sumber Aturan Pemerintah:
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah. 2017. Jakarta : Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi
Sumber Internet:
Eddy Soeryanto Soegoto. 2016. Penerapan Manajemen Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Dalam Meningkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. (online) (https://repository.unikom.ac.id/30473/1/vol-6-artikel-1.pdf). (diakses tangal 15 Januari 2021)
Standar Internasional ISO 9001:2015. Sistem Manajemen Mutu-Persyaratan. (online) http://standarpangan.pom.go.id/dokumen/qms/dokumen-level-c/C1-Sistem-Manajemen-Mutu_ISO_9001_2015.pdf. Diakses padda 10 November 2020)
Sukrisno, Heni. 2011. Akuntabilitas Mutu Pelayanan Perguruan Tinggi. (online) (http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2760/510) (diakses tangal 15 Januari 2021)
Zakiyah dan Mangasa Ritonga, 2006, Unjuk Kerja Manajer dalam Menerapkan Manajemn Mutu Terpadu Menyongsong Masa Depan Perusahaan, Jurnal Standardisan, Vol.1/2006, Jakarta BS
DOI: https://doi.org/10.62128/jiads.v19i1.83
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hendra Saputra, A. Ridhuan Habena, S.I.Kom., M.Si
_____________________________________________________________________________________________
Jurnal Ilmiah administrasi dan Sosial
Alamat Redaksi: Jl. Sukatani I, No.3, 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, Kenten 8 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
Phone/Fax: (0711) 826043 Handphone: +62812-7433-616
email: lppmjurnalstiasn2023@gmail.com or publikasi@stiasatyanegara.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.